Mangayubagya Jama’ah Haji KBIHU Multazam dan Ad-Dakwah Tahun 1444H/2023M

0

            Tahun ini pemerintah Republik Indonesia kembali mengirim para Jama’ah Haji ke tanah suci melalui kementrian Agama. Termasuk didalamnya Jama’ah haji dibawah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Multazam dan Ad-Dakwah yang pada tahun ini mebawahi 300an jama’ah yang mayoritas berasal dari tiga kabupaten di DI Yogyakarta, yaitu Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta. Alhamdilillah dalam perjalanannya selama menjalankan ibadah dari mulai berangkat hingga kembali lagi ketanah air semua jamaah selamat dan dalam kondisi sehat walau secara nasional jumalah korban yang Syahid ada sekitar 700an orang.

            Pada hari ini (30/07/2023)Mangayubagyo Jama’ah KBIHU Multazam dan Ad-Dakwah dilaksanakan di Komplek Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra yang dihadiri oleh seluruh Jama’ah Haji tahun 1444H/2023M. Dalam agenda ini juga turut dihadiri oleh para Ustad pembimbing, Kanwil Kemenag DIY, Muspika, dan para tamu undangan lainya.

            Acara diawali dengan penampilan Hadroh dari para santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra sembari menunggu para jama’ah dan tamu undangan masuk ke aula acara. Selanjutnya acara di buka pukul 09.45 WIB dengan dipimpin oleh pembawa acara dari pengurus KBIHU Multazam. Selanjutnya sambutan dari Ust. Ahmad Khudori Lc selaku salah satu pengurus di KBIHU Multazam dan Ad Dakwah. Dilanjutkan sambutan dari perwakilan Jama’ah Haji tahun 2023 yang mengucapkan banyak trimakasih kepada para pembimbing yang senantiasa memberi arahan demi lancarnya penyelenggaraan ibadah haji, serta menceritakan beberapa pengalaman saat perjalanan khusnya di Musdalifah dan Mina.


            Untuk sambutan selanjutnya dari Kanwil kemenag DIY yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Bapak Edi yang juga turut memaparkan penyelengaraan haji tahu ini yang memang kuota Indonesia cukup besar dan ada beberapa kejadian yang merugikan jama’ah haji Indonesia yang sekarang dalam tahap investikasi oleh kementrian agama RI. Beliau juga menjelaskan tentang jumlah korban jama’ah haji Indonesia dan juga kuota haji tahun depan yang kemungkinan Indonesia juga masih mendapatkan kuota yang besar juga.



            Sedangkan pada Mangayubagyo kali ini tausiyah diisi oleh Ust. Dr. H. Noor Saif Muhammad Mussafi, M.Sc yang merupakan putra dari Ust Sunardi Syahuri  salah satu pendiri dari KBIHU Multazam dan Ad Dakwah. Dalam tausiyahnya beliau senantiasa berpesan untuk para jama’ah yang sudah melaksanakan hajinya agar menjaga kemabruran dengan senantiasa tetap belajar dalam ilmu agama dan beribadah sebaik mungkin. Selain itu Ust Mussafi juga melakukan pengalangan dana untuk pembangunan Amal Usaha Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim yang akan segera dibangun guna membantu keuangan pesantren. Alhamdulillah dalam pengalangan dana ini terkumpul Rp. 33.125.000,-.

            Selain itu pada tahun ini juga KBIHU Multazam dan Ad Dakwah juga memberikan hasil sisa dari penyelenggaraan Haji  kepada Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim sebesar Rp. 457.942.557,- yang diterima Langsung oleh Ust. Agus Pitono selaku Badan Pelaksana Harian didampingi Kiyai Najib Hisyam. Dana tersebut akan digunakan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim guna membatu pembangunan dan pengembangan. Selain untuk pondok juga ada dana yang diberikan kepada Dewan Dakwah Islam Indonesia sebesar Rp. 163.849.433 yang diterima oleh Ustd Cholid Mahmud selaku Ketua DDII DIY guna kepentingan dakwah.



Setelah peyampaian bantuan Ustd Cholid Mahmud selaku dewan Pembina KBIHU Multazam dan Ad Dakwah memberikan prakata berupa sejarah dari Multazam itu sendiri dan program-program yang dimiliki pasca haji untuk menjaga kemabruran para Jama’ah. Acara siang itu ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH Purwadi Pangestu Tyas selaku Pemimpinan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim serta Pembimbing dari KBIHU Multazam.


Video Full Pelaksanaan 

Mangayubagya Jama’ah Haji KBIHU Multazam dan Ad-Dakwah Tahun 1444H/2023M   



Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top