SEPUTAR QURBAN (2) KEUTAMAAN BERQURBAN (LANJUTAN)

0
Seri Seputar Fiqh Qurban (2)
✒ DR. Ahmad Zain An-Najah, MA.

📝 KEUTAMAAN BERQURBAN (LANJUTAN)

5⃣ Kelima
Hadist dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu,

أَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْمَدِينَةِ عَشْرَ سِنِينَ يُضَحِّي

"Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam tinggal di Madinah selama sepuluh tahun beliau selalu berqurban." (HR. at-Tirmidzi, 1507 dan Ahmad, 4935. Berkata at-Tirmidzi "Ini adalah hadist hasan shahih". Dan hadist ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Misykat al-Mashabih 1475)

6⃣ Keenam
Hadist ‘Aisyah radhiyallahu ’anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ما عمل ابن آدم يوم النحر أحب إلى الله من إهراق الدم، وإنه ليؤتى يوم القيامة بقرونها وأشعارها وأظلافها، وإن الدم ليقع من الله بمكان قبل أن يقع بالأرض، فطيبوا بها نفسا.

"Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah daripada mengalirkan darah (berqurban), dan sesungguhnya pada hari kiamat orang yang berqurban itu akan diberi tanduk, bulu, dan kukunya, dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah sebelum jatuh ke tanah, maka hendaknya kalian merasa senang karenanya." (HR. at-Tirmidzi, 1493; Ibnu Majah, 3126; dan al-Hakim, 4/246; dengan sanad sahih, sebagaimana disebutkan di dalam Taudhih al-Ahkam 4/367. Berkata al-Albani di dalam Misykatu al-Mashabih 1470: Shahih)

7⃣Ketujuh
Berqurban lebih utama dari pada sedekah dengan uang, karena dengan berqurban, seseorang bisa mensedekahkan dagingnya kepada orang lain, boleh juga memberikannya sebagai hadiah kepada teman dan saudaranya. Orang yang berqurban berarti telah menggabung antara qurban dan sedekah.

Berkata Ibnu Qudamah di Mughni (11/95):

وقد ضحّى النبي - صلى الله عليه وسلم - والخُلَفاء الرّاشِدون بعَده، ولو عَلِمُوا أنَّ الصدقةَ أفضلُ لَعَدلُوا إليها.. ولأنّ إيثارَ الصَدَقةِ على الأضحيةِ يُفْضي إلى تَرْكِ سنّةٍ سنَّها رسولُ اللهِ - صلى الله عليه وسلم - .

"Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan qurban, begitu juga Khulafa’ Rasyidin sesudahnya, seandainya mereka mengetahui sedekah itu lebih utama dari pada berqurban, tentunya mereka akan bersedekah."

Wallahu A'lam.


Tags

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top