Masa Orientasi Santri Baru 2020, Khutbatul 'Arsy Daring

0

    Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra kembali mengadakan agenda rutin awal Tahun ajaran, yaitu Khutbatul ‘Arsy atau masa orientasi santri. Tujuan utama agenda ini adalah mengenalkan berbagai hal tentang pondok pesantren kepada santri baru.

    Namun tahun ini sedikit berbeda, santri belum bisa mengikuti kegiatan Khutbatul ‘Arsy secara langsung di Pondok. Seharusnya, apabila santri berada di Pondok, banyak rangkaian Khutbatul ‘Arsy yang akan diikuti, namun di kondisi pandemi ini, santri hanya mengikuti kegiatan Kuliah Umum. Kuliah umum dilakukan secara online, melalui laman Youtube “Ibnul Qoyyim Jogjakarta”, selama lima hari, dari tanggal 20 sampai dengan 24 Juli 2020






    Di hari pertama, Senin 20 Juli 2020, kuliah Umum diisi oleh Pimpinan PPIQ, KH. Rohadi Agus Salim Lc, S.Pd.I, dengan tema ke-pondokan. Berisi tentang sekelumit hal tentang Pondok Pesantren Ibnul Qoyim, mulai dari sejarah didirikannya, tokoh-tokoh pendiri, juga beberap peristiwa fenomenal seperti didirikannya unit kedua pada tahun 2001 yaitu unit pondok Putra. Di antara hal penting yang disampaikan oleh Pak Kiyai di hari pertama Khutbatul ‘Arsy daring adalah tentang tujuan utama para founding father ; Kiyai Matori Al-Huda dan KH. Raden Hisyam Syafi’ie mendirikan Pondok Ibnul Qoyyim. Tujuan utama itu adalah untuk mencetak da’i pedesaan. Mengapa demikian? Karena pada masa itu, Kiyai Matori Al-Huda selaku Ketua sebuah ormas (kini menjadi Yayasan) yang diberi nama Persaudaraan Djamaah Haji Indonesia ,yang tidak lain merupakan yayasan yang menaungi PPIQ, menemukan permasalahan umat yang begitu pelik, yaitu minimnya da’i yang menyebarkan Islam di desa-desa di DIY. Bahkan salah satu persoalan yang menyedihkan adalah di beberapa desa belum pernah diadakan Khutbah Jum’at, alasannya karena tidak ada  da’i. Maka dari itulah para tokoh tersebut (semoga Allah memberi balasan Jannah Firdaus untuk mereka) mendirikan Pondok Ibnul Qoyyim untuk menyiapkan kader da’i yang akan berdakwah di desa-desa.



(KH. Rohadi Agus Salim Lc S.Pd.I)
Silhkan klik link dibawah ini untuk menonton

Oleh: Muhammad Jundi Rabbani

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top