Pengajian Akbar Memperingati Milad Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Ke 40

0

 

        Tahun 2023 ini Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim sudah berumur 40 tahun semenjak didirikan pada tanggal 20 Agustus 1083. Usia yang sudah tidak muda lagi ini tentu menjadi sebuah kesukuran sekaligus tantangan dalam menghadapi perkembaangan zaman yang sangat pesat. Di usianya ini Ibnul Qoyyim memiliki dua unit pesantren yang terletak di dua kabupaten berbeda dengan total sekitar 500an santri. Perayaan Milad Pesantren yang berdekatan dengan hari kemerdekaan RI ini tentu beriringan dengan berbagai rangkaian kegiatan 17an.

    Pada momentum milad yang  ke 40 ini setidaknya ada dua agenda yang diadakan pada setiap unit pesantren. Kegiatan pagi yaitu pengajian akbar (20/8/2023) yang digelar di Pondok Ibnul Qoyyim Putri, Gandu, Sedangtirto, Berbah, Sleman yang diisi oleh Ust. H. Muhammad Jazir, ASP yang merupakan Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokaryan. Sedangkan acara kedua adalah Kumpul Alumni Lintas generasi yang digelar di Gedung PSP komplek Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra, Tegalyoso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Agenda ini menghadirkan para alumni-alumni senior dan dihadiri oleh para alumni-alumni junior.

    Pengajian akbar yang dimulai sekitar pukul 07.00 WIB ini dihadiri oleh ratusan jamaah dari beberapa komponen, baik masyarakat sekitar, jama'ah pengajian, serta seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim dari mulai santri, Guru dan karyawan. Pengajian kali ini bertemakan " Dari Masid Menuju Negeri Penuh Berkah", yang dalam penyampaianya Ust Jazir banyak bercerita bagaimana perjuangan para pendiri bangsa memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini dengan sebuah keimanan dan hati yang tulus sehingga menciptakan sebuah negeri yang memiliki keberkahan didalamnya. Beliau juga banyak menggabarkan perjuangan sosok Panglima Besar Jendral Sudiran yang merupakan seorang santri dan guru namun bisa menjadi seseorang yang disegani baik oleh kawan maupun lawan. Beliau juga berharap agar kelak muncul lulusan-lulusan dari Ibnul Qoyyim yang memiliki jiwa seperti Jendral Sudirman. Selain memberikan tausiah, Ust. Jazir juga membuka secara simbolis Penerimaan santri baru untuk tahun ajaran 2024/2025 dengan pemukulan Gong dan embukaan tirai Penerimaan Santri Baru.(bN)


Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top