Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra D.I. Yogyakarta. Terwujudnya Generasi Mukmin, Mu'allim, Mubaligh, Mujtahid yang Mukhlis

Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Kembali Gelar 'Long March' untuk Santri

Atas : Foto santri kelas 2 KMI di pantai Jungwok
Bawah : Santri mendengar pesan dan nasihat dari Pak Kyai sebelum berangkat

IBNULQOYYIMPUTRA.PONPES.ID- Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra meggelar berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah 'Long March' untuk santri, Rabu 17/08/2022. 'Long March' atau perjalanan jarak jauh yang dilakukan dengan berjalan kaki ini diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra yang berjumlah 237 orang.

Alhamdulillah, rangkaian kegiatan 'Long March Santri' Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim dalam rangka memperingati hari kemerdekaan R.I yang ke-77 ini berjalan dengan lancar, meski terdapat beberapa kendala yang perlu menjadi evaluasi untuk perbaikan pada kegiatan 'long march' berikutnya. Akan tetapi hal ini tidak mengurangi esensi dari kegiatan 'long march', yaitu penguatan mental dan karakter santri.

Ini merupakan kegiatan 'long march' perdana Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra pasca pandemi. Alhamdulillah para santri mengikutinya dengan senang dan penuh perjuangan. Berikut rangkaian kegiatan Long March yang berlangsung dari tanggal 17 - 18 Agustus 2022 ;

1.) Long March dari Semanu menuju pantai Jungwok, Gunungkidul, dengan jarak tempuh untuk santri MTs 16 km, dan santri MA 21 km.

Sebuah pencapaian yang luar biasa dari para santri, baik yang MTs maupun yang MA. Mereka tiba di tujuan dengan formasi yang utuh seperti di awal keberangkatan, tidak ada yang mendahului ataupun tertinggal rombongan.

 2.) Dzikir Pagi ba'da shalat Subuh berjama'ah di area Pantai.

 3.) Pesan dan nasihat tentang Tadabbur Alam dari Kepala Pengasuhan Santri.

Pesan yang disampaikan Ust. Jundi berisi nasihat agar santri merenungi ciptaan dan kekuasaan Allah yang mereka saksikan selama berlangsungnya 'long march', tentang pergantian malam dan siang, keindahan alam, bergeraknya ombak, dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar Tauhid santri semakin kokoh, juga sebagai bentuk rasa syukur atas keindahan ciptaan Allah. 

 4.) Peregangan di pinggir pantai bersama Asatidz. Santri dibagi menjadi 2 kelompok, MTs & MA

 5.) Lomba 17-an antar angkatan ; Lomba Kekompakan Yel-yel, Lomba Estafet Sarung, Lomba Lari Estafet, dan Lomba bangun Istana.

Alhamdulillah anak-anak mengikuti perlombaan dengan penuh kegembiraan, tiap angkatan menunjukkan kekompakan mereka selama lomba berlangsung.

6.) Acara bebas : Mandi laut, foto-foto, dan menikmati keindahan pantai Jungwok.

7.) Makan siang bersama dengan ikan laut.

 8.) Operasi semut sebelum pulang ke Pondok.

Operasi semut adalah kegiatan membersihkan area pantai yang telah digunakan selama kegiatan berlangsung oleh santri dan para Asatidz. Hal ini diadakan sebagai pendidikan untuk santri tentang pentingnya tanggungjawab.

Santri menyusuri jalan menjelang malam

 Ust. Jundi memberikan pesan-pesan Tadabbur Alam

Foto: Santri melakukan peregangan sebelum lomba

Keseruan santri dalam mengikuti lomba 17-an antar angkatan

Foto bersama santri kelas 1,2,3 & Takhasus

Foto bersama santri kelas 4,5,6 

Ustadz Hafid Mumtaz, selaku Ketua Panitia 'Long March' 17 Agustus mengucapkan banyak terimakasih kepada para sstadz dan ustadzah, wali santri, serta berbagai pihak yang telah mendukung penuh kegiatan ini, dan telah memberikan do'a terbaik untuk para santri. Ia berharap semoga para santri mendapatkan banyak pelajaran dari kegiatan 'long march' kali ini. [MJR]

Baca Juga Ini ya...

Posting Komentar

0 Komentar