Sekucup Kenangan Bersama Mbah Suhad - Sebuah Obituari

2

Mbah Suhad (1956-2022)

Hari ini (Ahad, 13/3/22) kami kehilangan sosok tauladan sekaligus sosok pejuang bagi pondok kami. Saya memanggilnya Mbah Suhad. Ketika saya memasuki pondok beliau masih bekerja sebagai kepala pertukangan yang membangun gedung-gedung di pondok putra maupun putri. Salah satu "jokes" (walaupun sepenuhnya benar) bahwa beliau ini adalah "pendiri" pondok kami. 

Rutinitas beliau setiap harinya adalah selepas subuh datang ke pondok untuk mengepel teras dan kantor madrasah. Setelah itu beliau akan kembali pulang untuk mengambil teh yang nantinya disajikan di perkantoran pesantren. Menjelang waktu dhuha beliau akan ikut menggawangi proyek pembangunan di pondok. Selepas shalat ashar, beliau akan mencuci gelas dan pulang. Di hari sabtu beliau memiliki tugas khusus sebagai penjaga gedung Balai Muslimin tempat pengajian sabtu pagi (begitu kami menyebutnya). Lebih rincinya beliau membersihkan gedung di hari Jumat, lalu menyiapkan pra-acara pengajian dan membuatkan teh dan makanan bagi pengisi dan panitia pengajian di hari Sabtu dan mengunci lagi gedung PSP setelah digunakan.

Seperti kegiatan santri-santri akhir, saya sering sekali duduk bersama beliau dan menunggu beliau selepas pengajian sabtu pagi berharap ada makanan dan teh sisa dari pengajian. Dimana selepas menamatkan pendidikan selama 6 tahun di pondok dan diminta untuk membantu (mengabdi) kegiatan duduk-duduk bersama beliau masih sering saya lakukan. Dari kegiatan jagongan bersama beliau inilah banyak bercerita mengenai asal-muasal peran dan kontribusi beliau di awal pendirian pondok putra.

Cerita mengenai kedekatan beliau dengan Allahu yarham Ust. Nardi, serta amanah seumur hidup Ust Nardi kepada beliau yang sampai mendekati hayatnya beliau ingat dan laksanakan. Saya mengingat dengan benar malam-malam di awal virus Covid-19 menyebar yang menyebabkan santri dipulangkan dan pondok menjadi sepi. Rutinitas di pagi hari beliau datang dan menyapu pondok bersama kami dan malamnya duduk di depan masjid pondok putra sampai tengah malam sampai beliau kadang tertidur dan bangun sembari berkata "kit titip pondok e yo, aku tak mulih" yang kadang kala saya jawab singkat sembari mengerjakan tugas resume tulis tangan mata kuliah Sejarah Islam Masa Klasik.

Beliau berkisah di waktu mudanya, beliau membantu pembebasan lahan untuk pondok putra. Menjadi bekingan bagi pendirian pondok dari orang-orang yang tak menginginkan tegaknya Islam di sepanjang jalan jogja-wonosari. Hal itu tak dipungkiri karena secara historis, ideologi komunis pernah menancapkan kukunya disini. Amanah beliau terasa semakin berat karena Ust Nardi secara langsung mendatangi kediaman beliau dan menyerahkan seluruhnya tanggung jawab keamanan dan keharmonisan pondok dan masyarakat sekitar di atas pundak beliau.

Jadi tak heran hati ini iri dengan cara beliau memegang amanah. Alkisah di suatu malam beliau pulang jaga pondok di masa pandemi tahun 2020. Sewaktu perjalanan pulang menuju rumah di tengah malam beliau terjatuh tanpa sadar dari sepeda beliau. Juga cerita mengenai bujukan putra-putri beliau di tahun 2019 agar beliau beristirahat dari kegiatan berat menjadi tukang bangunan (waktu itu pondok putra merenovasi masjid) karena mengingat umur beliau yang semakin senja. Tapi beliau masih dengan setianya menyisakan pekerjaan di pondok karena amanah Ust Nardi. Setidaknya membersihkan kantor dan membuat teh untuk guru-guru. Kata beliau di suatu malam ramadhan tahun 2020 “lha seng ngekei amanah wes nyiki aku. nek arep uwis, nembung e ro sopo?” disusul dengan tawa ringan.

Terakhir bertemunya saya dengan beliau, beliau masih mengunjungi pondok. Dengan amanah yang tidak beliau letakkan sama sekali selama amanah itu diberikan. Menjaga pondok dan menjadi penanggung jawab gedung PSP. Tepatnya di bulan Februari 2022, bertepatan di hari Jumat bersamaan dengan kegiatan Jumat bersih pesantren. Tanpa sengaja saya bertemu beliau yang sedang membersihkan gedung PSP dibantu beberapa santri. "Heh ket, rene!" dengan melambai tangan beliau memanggil saya untuk mendekat. Ketika saya bertanya ada perlu apa? beliau hanya menjawab singkat "yo lingguh-lingguh sek neng kene". Saya menemani beliau yang duduk beristirahat dari kegiatan bersih-bersih gedung PSP sambil bercerita. Sekali waktu saya tanya mengenai isi cerita itu. Cerita yang agak sensitif itu beliau katakan "mumpung wes wayahe, nek mbiyen-mbiyen lak hurung". Mungkin itu salah satu rahasia atau pengalaman yang beliau pendam. Seolah cerita tersebut memilih waktunya untuk diceritakan mendekati akhir hayat beliau. Wallahualam Bissawab

Yang tertinggal dari beliau dari masa lampau adalah pengabdian, jasa, kenangan, serta keteguhan beliau dalam menjalankan amanah dan di masa depan estafet amanah perjuangan dakwah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim kepada generasi setelah beliau. Selamat jalan Mbah Suhad, kami menjadi saksi atas segala kebaikanmu. Teriring doa semoga Allah mengampuni dosa-dosa Mbah Suhad, dan menerima amal kebaikan si mbah di sisi-Nya. Aamiin


(S Bangkit)


 

 

Tags

Posting Komentar

2 Komentar
  1. Masyaallah.. Allahumma firlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu 😢🤲

    BalasHapus
  2. Beliau adalah obat rindu bagi setiap kejenuhan santri ketika mengingat rumah, terimakasih sudah menjadi teman dimalam hari bagi para santri. Allahumma 'ghfirlahu, Aamiin

    BalasHapus
Posting Komentar
To Top