Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra D.I. Yogyakarta. Terwujudnya Generasi Mukmin, Mu'allim, Mubaligh, Mujtahid yang Mukhlis

Morning Spirit Perdana Semester Genap T.P 2021-2022, Pimpinan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Sampaikan Nasihat Penting

 


Memasuki awal semester genap Tahun Pelajaran 2021-2022 Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra menyelenggarakan apel pagi Morning Spirit perdana, Senin (03/01/2022) di lapangan utama komplek PPIQ Putra, Piyungan Bantul. Morning spirit ini dihadiri oleh jajaran Guru dan Karyawan serta seluruh santri kelas 1 – 6 Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI).

Pada Morning Spirit kali ini yang menjadi pembicara adalah pimpinan PPIQ, KH. Purwadipangestutyas. KH. Purwadi memberikan pidato tentang semangat dan kesabaran dalam menunut Ilmu. Dalam pidatonya, Kyai Purwadi menasehati kepada seluruh santri agar ber­-fastabiqull khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan).




Selain itu KH. Purwadi juga menyampaikan agar hendaknya santri kibar (senior) menjadi teladan bagi adek kelasnya. Karena apabila kakak kelas memberikan teladan yang baik maka ia akan ditiru oleh adek kelasnya dan menjadi jariyatu al-khair (kebaikan yang mengalir) untuknya. Namun apabila ia menampakkan keburukan kemudian ditiru oleh adek kelasnya, maka itu akan menjadi jariyatu al-suu’ (keburukan yang mengalir).

Semester genap merupakan waktu penentuan bagi santri apakah dia layak naik kelas atau tidak. Maka pada kesempatan morning spirit ini, KH. Purwadi memberi nasihat kepada seluruh santri, "jadikan semester ini sebagai episode terbaik antum di Pondok."





Di akhir pidatonya KH. Purwadi mengutip sebuah hadits Nabi tentang besarnya nilai kesabaran, Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنَّ مِنْ ورائِكُمْ أيامَ الصبرِ الصبرُ فيهِنَّ كَقَبْضٍ علَى الجمْرِ لِلْعَامِلِ فِيهَا أَجْرُ خَمْسِينَ قالوا يا رسولَ اللهِ أجْرُ خمسينَ منهم أَوْ خمسينَ مِنَّا قال خمسينَ مِنْكُمْ

Sesungguhnya di belakang kalian ada hari-hari kesabaran, orang yang tetap mengamalkan ajaran agama ketika zaman itu akan mendapatkan pahala amalan 50 orang dari kalian (para sahabat Nabi)” (HR. Abu Daud)



Setelah penyampaian pidato dari Pimpinan Pondok, acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi santri-santri yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik.

[JR]

Baca Juga Ini ya...

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Try out the newest state-of-the-art 3-D video games, including Game 아벤카지노 of Thrones and Sphinx. The line-up of video games is ever-changing, but one thing doesn’t change. The dizzying array of selections and the pulse-racing enjoyable of Live!

    BalasHapus