Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta, Jalan Yogya - Wonosari Km 10,5 Sitimulyo, Piyungan, Bantul.

Jumat, 04 September 2020

Tim Puskesmas Piyungan Kunjungi Ponpes Ibnul Qoyyim Putra Tinjau Kesiapan Kedatangan Santri (Tahap 1)

 


Pada hari Kamis, 15 Muharam 1442 H / 3 September 2020, Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim dikunjungi oleh tim peninjau dari Puskesmas Piyungan, Bantul, DIY. Hal ini merupakan tindak lanjut dari permohonan izin pihak pesantren kepada pemerintah setempat untuk kembali mengadakan pendidikan secara tatap muka, dengan tetap mengikuti peraturan kebiasaan baru. Setelah menjalani prosedur perizinan, dan juga menerima undangan untuk presentasi persiapan dari Kecamatan Piyungan pada hari Selasa, satuan tugas Covid-19 Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra menyambut kedatangan tim peninjau dari Puskesmas. 

Kunjungan yang dilakukan oleh tim dari Puskesmas Piyungan pada hari ini merupakan peninjauan persiapan tahap pertama. Pada kesempatan tersebut tim peninjau dari Puskesmas Piyungan berjumlah 4 orang. Kegiatan peninjauan ini dimulai dari pukul 11.00 s./d pukul 13.00, dibersamai oleh 4 orang satgas covid PPIQ, Ustadz. H. Bayu Arif Kurnia S.Pd, Ustadz. Muhammad Fajar Nur Rachmat Lc, Ustadz Alwi, dan Ustadz Alvatera Bima.

Kegiatan utama yang dilaksanakan pada peninjauan tahap pertama ini adalah pengecekan protokol kesehatan dan fasilitas. Bersama satgas covid PPIQ, tim peninjau Puskesmas Piyungan mengunjungi setiap gedung pondok, mulai dari asrama, masjid, UKS, ruang-ruang kelas, kantor, dapur, ruang makan, serta kamar mandi. Ketua tim peninjau. Setelah meninjau seluruh protokol dan fasilitas kesehatan kebiasaan baru, Ibu Lia selaku ketua tim peninjau memberi tanggapan, "persiapan yang dilakukan sudah cukup bagus dan sesuai standar, namun ada beberapa hal yang perlu ditambahi."



Ustadz Alwi selaku penanggung jawab lapangan satgas covid PPIQ, memberi keterangan bahwa ada banyak hal yang perlu ditambah untuk melengkapi protokol kesehatan dalam menyambut kedatangan santri, di antarnya adalah; penambahan poster tata cara cuci tangan dan 4M, sterilisasi masjid menggunakan disinfektan, pengatur keluar masuk masjid, petugas pos jaga menggunakan APD, dan lain sebagainya.

Tim peninjau Puskesmas Piyungan berharap pihak pondok segera membenahi dan menambah protokol dan fasilitas sesuai catatan yang telah disampaikan selama peninjauan pertama ini. In shaa Allah akan segera dilakukan lagi peninjauan tahap kedua, setelah kesepakatan antara pihak pondok dan tim Puskesmas. Semoga Allah senantiasa memberi kemudahan untuk persiapan ini, agar santri bisa segera kembali ke Pondok, dan bisa menjalani pendidikan tatap muka seperti tahun-tahun sebelumnya.


Reporter: Muhammad Jundi Rabbani

2 komentar: