APABILA BERTEMU HARI RAYA DAN HARI JUM'AT

0
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

قَدِ اجْتَمَعَ فِي يَوْمِكُمْ هَذَا عِيدَانِ، فَمَنْ شَاءَ أَجْزَأَهُ مِنَ الْجُمُعَةِ، وَإِنَّا مُجَمِّعُونَ

“Sungguh telah berkumpul di hari kalian ini dua hari raya, barangsiapa yang mau (sholat ‘ied) itu mencukupinya dari sholat Jum’at, dan kami sendiri akan tetap sholat Jum'at.” [HR. Abu Daud dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Shahih Abi Daud: 984]

Tabi’in yang Mulia ‘Iyas bin Abi Ramlah Asy-Syaami rahimahullah berkata,

شَهِدْتُ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ، وَهُوَ يَسْأَلُ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ، قَالَ: أَشَهِدْتَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِيدَيْنِ اجْتَمَعَا فِي يَوْمٍ؟ قَالَ: نَعَمْ، قَالَ: فَكَيْفَ صَنَعَ؟ قَالَ: صَلَّى الْعِيدَ، ثُمَّ رَخَّصَ فِي الْجُمُعَةِ، فَقَالَ: «مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّيَ، فَلْيُصَلِّ»

“Aku menyaksikan Mu’awiyah bin Abi Sufyan bertanya kepada Zaid bin Arqom radhiyallahu’anhuma: Apakah engkau hadir bersama Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam ketika dua hari raya bersamaan dalam satu hari? Zaid bin Arqom menjawab: Ya. Mu’awiyah bertanya lagi: Apa yang beliau lakukan? Zaid bin Arqom menjawab: Nabi shallallahu’alaihi wa sallam sholat ‘ied, kemudian beliau memberi keringanan dalam sholat Jum’at, beliau bersabda: Barangsiapa yang mau sholat Jum’at silakan sholat.” [HR. Abu Daud, Shahih Abi Daud: 981]

Disebutkan dalam fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah,

من صلى العيد يوم الجمعة رخص له في ترك الحضور لصلاة الجمعة ذلك اليوم إلا الإمام، فيجب عليه إقامتها بمن يحضر لصلاتها ممن قد صلى العيد وبمن لم يكن صلى العيد، فإن لم يحضر إليه أحد سقط وجوبها عنه وصلى ظهرا

“Barangsiapa sholat ‘ied di hari Jum’at, maka ia mendapat keringanan untuk tidak ikut sholat Jum’at di hari itu.

Kecuali imam, wajib atas imam untuk mengadakan sholat Jum’at bersama dengan jama’ah yang mau melakukan sholat Jum’at, baik yang telah ikut sholat ‘ied maupun yang tidak ikut sholat ‘ied.

Apabila seseorang tidak ikut sholat Jum’at (karena telah sholat hari raya) maka tidak wajib baginya sholat Jum'at dan ia tetap sholat Zhuhur.” [Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 8/182 no. 2358]

Sumber: Buku "Fikih Sunnah Hari Raya" hal. 24. ( Penulis Ustad Sofyan Chalid, LC)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top