Long March ke Pantai Pok Tunggal Memperingati Kemerdekaan RI ke 78

Boerhanadie
0

 

    Masih dalam rangkaian memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 para santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra mengadakan Long March ke pantai Pok Tunggal yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Agenda ini dimulai sejak hari Kamis 17 Agustus 2023 pukul 13.30 WIB. Long march ini terdiri dari dua pemberhentian untuk membedakan jarak yang akan ditempuh sehingga terdapat dua tempat dalam mengawali para santri mulai berjalan. 
    Pemberangkatan dari pondok dilepas oleh KH Purwadi Pangestu Tyas, beliau banyak memberikan pesan kepada seluruh peserta untuk senantiasa berhati-hati dan selalu ingat kepada Allah. Setelah pelepasan selesai para peserta menaiki delapan truk yang sudah disiapkan oleh panitia guna pemberangkatan menuju titik-titik pemberhentian. Pemberhetian terbagi menjadi dua tempat yaitu di lapangan samping Polsek Tanjung Sari untuk pemberhentian santri Aliyah dan di lapangan depan Kelurahan Banjarejo untuk para santri Tsanawiyah. Jarak kedua tempat tersebut sampai pantai Pok Tunggal berkisar 12 km untuk santri Tsanawiyah dan 16 Km untuk santri Aliyah.
    Dari pemberhentian truck sampai pantai ditempuh mulai pukul 16.00 sampai pukul 21.00. Dalam perjalanan santri merasa senang dan gembira, mereka mengobrol sambil berjalan sehingga rasa capek tidak terasa. Semua santri tiba di pantai dalam keadaan sehat dan selamat, setibanya di pantai para santri langsung beristirahat. Setelah beristirahat melepas lelah setelah berjalan cukup jauh para santri bangun pagi pukul 04.00, kemudian sholat subuh, dzikir pagi, muroja'ah Al-Qur'an, dilanjutkan dengan pesan-pesan tadabbur alam dari Ust. Jundi. 
    Setelah selesai melakukan aktifitas peribadatan, pukul 06.00 para santri bersiap-siap untuk kegiatan dipantai. Namun sebelum berkegiatan para santri melakukan sarapan terlebih dahulu dengan hidangan yang sudah disiapkan oleh para panitia. Pagi itu setelah sarapan para santri dikumpulkan berdasarkan kelas masing-masing yang di pandu langsung oleh para ustad sebagai pembimbing. Selain melakukan olahraga pagi para santri melakukan Fun Game dan lomba-lomba sederhana yang menambah semarak pada pagi itu. Setelah agenda tersebut usai para santri dibebaskan untuk bermain dipantai namun tetap berhati-hati dengan ombak yang cukup besar pagi itu. Setelah santri cukup lama bermain akhirnya agenda ditutup dan para santri kembali kepondok dengan kepuasan setelah bermain seharian.(bN)  

Foto-Foto Kegiatan 






Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top