Berapa Banyak Istighfarmu?

0


(1). Al-Hafidz Ibnu Katsir رحمه الله berkata :

"Ahmad meriwayatkan dari Ikrimah, bahwa Abu Hurairah berkata : "Sungguh aku telah mohon ampunan kpda Allah (istighfar) dan bertaubat setiap hari sebanyak 12.000 kali, hal ini sesuai dengan tebusan dosaku" (Lihat Al-Bidaayah wan Nihaayah 8/120)


(2). Riyaah al-Qoisi رحمه الله berkata : 

"Aku telah memiliki dosa sebanyak 40 lebih. Sungguh aku pun telah memohon ampunan kepada Allah sebanyak 100.000 kali untuk masing-masing dosa itu" (Jaami'ul 'Uluum wal Hikam hal 539).


(3). Imam Ibnu Rajab رحمه الله berkata :

"Salah seorang generasi salaf mengevaluasi semenjak usia baligh, ternyata kesalahannya tidak lebih dari 36 kesalahan. Lalu dia segera memohon ampunan kepada Allah sebanyak 100.000 kali untuk setiap kesalahan, shalat 1000 raka'at untuk setiap kesalahannya, dan khatam (membaca semua isi al-Qur'an) satu kali dalam setiap ruku'nya. Kendati demikian, dia masih berkata : "Aku tetap saja khawatir kekuatan Allah menyiksaku karena kesalahan tersebut, serta penerimaan taubatku dalam bahaya" (Jaami'ul 'Uluum wal Hikam hal 539)


Subhanallah, dosanya mereka sedikit, tetapi istighfarnya sangat banyak, lalu bagaimana dengan kita yang banyak dosanya, tetapi sangat sedikit sekali istighfarnya ???


📝 Penulis: Ustadz Najmi Umar Bakkar, Hafizhahullah

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top