Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta, Jalan Yogya - Wonosari Km 10,5 Sitimulyo, Piyungan, Bantul.

Rabu, 21 April 2021

Teman terjahat

 أعظم الناس ظلما لصاحبه، 

الذي يراه على باطل يخسر به آخرته، 

ثم يجامله ويسكت 

حفاظا على صداقته ومودته.

(فبئس القرين)


ابن القيم رحمه الله

Orang yang paling jahat mendholimi temannya adalah, mereka yang memgetahui temannya terjerumus dalam kebatilan, yang akan merugikannya di akherat kelak, namun ia pura2 tidak tahu dan tetap membiarkannya, demi melestarikan jalinan pertemanan dan menjaga perasaannya.

Itulah teman terburuk.

Allah berfirman dalam surat Az Zukhruf ayat 38;

حَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءَنَا قَالَ يٰلَيْتَ بَيْنِيْ وَبَيْنَكَ بُعْدَ الْمَشْرِقَيْنِ فَبِئْسَ الْقَرِيْنُ
Sehingga apabila orang–orang yang berpaling itu datang kepada Kami (pada hari Kiamat) dia berkata, “Wahai! Sekiranya (jarak) antara aku dan kamu seperti jarak antara timur dan barat! Maka itulah teman yang paling jahat .”
Tafsir ringkas
Sehingga apabila orang yang berpaling, yakni orang yang tidak mau mengikuti petunjuk Al-Qur’an, datang kepada Kami pada hari Kiamat nanti, dia berkata dengan menyesali apa yang pernah dilakukannya di dunia ini, “Wahai! Sekiranya dapat dilakukan, maka aku akan menjaga jarak antara aku dan kamu seperti jarak antara timur dan barat! Memang, teman yang paling jahat bagi manusia adalah setan yang menjadi qarin itu.”

0 komentar:

Posting Komentar